Barcelona Tak Bisa Tanpa Messi

Wednesday, November 23rd at 7:06 PM

Tidak ada Lionel Messi, tidak ada alasan untuk Barcelona tidak mampu meraih kemenangan. Ya, itulah yang di sampaikan Sergio Busquets, gelandang Los Azulgrana. Pemain jangkar klub Katalunya tersebut mengkritik rekan setimnya setelah hanya imbang tanpa gol lawan Malaga, Minggu (20/10) lalu.

Kalimat Busquets itu pun kemudian malah di kait-kaitkan dengan isu soal masa depan Messi. Belakangan, kabar soal ketertarikan klub-klub Eropa kepada La Pulga memang makin deras. Manchester City, Manchester United, bahkan Paris Saint Germain, tiga klub Eropa yang di sebut-sebut siap memburu Messi. Bahkan, City sudah memberikan harga yang bisa mereka tawarkan kepada Barcelona.

Messi sosok yang sangat berharga. Jika Busquets menilai bahwa Barca harus menang walau tanpa Messi memamg benar. Namun, Busquets atau siapapun pemain Barcelona tentu bahwa mereka memang sangat ketergantungan kepada La Pulga. Hasil imbang lawam Malaga yang tanpa gol, hanya satu dari sekian bukti bahwa tanpa Messi, sulit bagi Barcelona meraih kemenangan.

Atau, ketika Messi tidak bermain baik dan tidak mampu bermain baik, sulit untuk Barcelona meraih hasil positif. Kondisi lainnya, jika rekan-rekannya tidak membantu Messi, akan sulit pula bagi Barcelona meraih kemenangan. Laga laga ketika Barca kalah dan hubungan dengan Messi bisa di lihat sejak kekalahan lawan Alaves. Di laga itu, Messi hanya tampil dari bangku cadangan dan Barca kalah 1-2.

Yang kedua ketika lawan Atletico Madrid yang berakhir imbang 1-1. Pada pertandingan tersebut, Messi harus keluar lapangan karena cedera. Saat Barcelona kalah dari Celta Vigo, 3-1 pada pekan ke-7 La Liga. Messi juga tidak tampil di laga ini karena cedera. Yang ketiga adalah ketika kalah 1-3 dari City. Dalam laga ini, dia memang tampil sepanjang laga, namun tidak maksimal.

Lalu, saat imbang tanpa gol lawan Malaga, Messi tidak tampil karena sakit. Jadi, dari lima laga tersebut, ketika Barcelona mengalami hasil tidak memuaskan, hanya sekali Messi tampil penuh. Dengan demikian, jelas bahwa Barca akan sulit tanpa La Pulga. Beruntung lawan Celtic, pelatih Luis Enrique sudah bisa menurunkan Messi. Barca tampil dengan trio lini depannya : Messi, Luis Suqrez, dan Neymar.

Faktanya, tridente ini hanya bermain sebagai starter pada 50 persen dari semua pertandingan sejak di mulainya La Liga. Barcelona telah memainkan delapan pertandingan dengan tiga penyerang terbaiknya sebagai starter. Yaitu, lima laga di La Liga dan tiga laga di Liga Champions. Dari delapan laga tersebut Barca meraih enam kemenangan dan sekali imbang.

Ironisnya, rencana Barcelona menjadikan Paco Alcacer sebagai penyerang pelapis juga belum membuahkan hasil. Lawan Malaga, sebenarnya kesempatan bagi Alcacer untuk membuktikan dia mampu. Namun, hingga kini, mantan pemain Valencia tersebut gagal melakukannya.