Satu Poin

Thursday, December 8th at 2:20 AM

ZORYA – Hanya satu poin yang di butuhkan Manchester United (MU) untuk lolos ke 32 besar Liga Europa. Kamis (8/12) atau Jumat dini hari WIB, Tim Setan Merah bisa meraihnya dalam laga tandang lawan Zorya Luhansk, Kamis (8/12) atau Jumat dini hari WIB. Bahkan, pasukan Jose Mourinho ini berpeluang pula lolos sebagai juara grup.

Ya, peta persaingan Grup A menuju laga terakhir ini memang sangat ketat. Bagi MU, mereka bisa lolos dan dapat pula tersingkir secara tragis bergantung dari hasil yang terjadi di grup ini. MU bisa lolos dengan hanya satu poin saat lawan Zorya terlepas dari hasil yang di raih Feyenoord menghadapi Henerbahce pada waktu yang sama karena Wayne Rooney dan kawan-kawan unggul dalam head to head dengan Feyenoord yang ada di bawah mereka.

Pada laga pertama lawan Feyenoord, MU memang kalah 0-1 tapi di laga kedua mereka menggulung klub asal Belanda tersebut dengan empat gol tanpa balas. Karena itu, walaupun MU hanya meraih hasil imbang lawan Zorya dan Feyenoord menang atas Fenerbahce, MU yang akan lolos karena unggul dalam head to head mesti di klasemen akhir keduanya memiliki poin yang sama (10).

Namun, kemungkinan tersebut tidak akan berlaku jika MU kalah dari Zorya di laga terakhir ini. Karena itulah, Tim Setan Merah tetap harus waspada menghadapi klub asal Ukraina tersebut. Mereka akan bermain di kandang dan Zorya akan termotivasi mengalahkan klub besar seperti MU di hadapan pendukung mereka di Stadion Chornomerets.

“Ini akna menjadi pertandingan yang sangat berbeda. Bukan hanya kekuatan suporter merek amelainkan juga cuacanya. Disana akan sangat dingin sekali,” kata sayap MU, Anthony Martial, soal tantangan ini. “Meski demikian, semuanya akan bergantung kepada kami. Kami harus beradaptasi apapun kondisi dan situasinya lalu meraih target yang kami inginkan yaitu kemenangan.” dia menambahkan.

Disini lain, MU juga akan tampil di ajang ini dengan membawa rapor tidak memuaskan di komptesi domestik. Mereka hanya mampu meraih dua kemenangan di Liga Primer sejak Agustus lalu. Hasil imbang 1-1 lawan Everton merupakan hasil imbang kali ketiga beruntun setelah sebelumnya juga imbang lawan Arsenal dan West Ham United.

Ambisi lolos ke 32 besar jgua akan lebih besar lagi dengan peluang Rooney menorehkan rekor. Dia hanya membutuhkan satu gol lagi untuk menyamai rekor gol terbanyak MU sepanjang masa yang masih dipegang Bobby Charlton. Legenda MU tersebut telah menorehkan 249 gol di semua ajang sedangkan Rooney 248 gol.